Tips Menulis Cerpen yang Baik untuk Diikutkan Lomba

Tips Menulis Cerpen yang Baik untuk Diikutkan Lomba

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Tips Menulis Cerpen yang Baik untuk Diikutkan Lomba


Ditulis oleh : R Ayi Hendrawan S

Sebagai seorang penulis pemula yang masih mencari genre hidup alias belum lurus. Admin sedikitnya mau berbagi seputar tips kepenulisan nih. Belajar dari berbagai pengalaman yang sudah admin dapatkan.

Lomba menulis cerpen saat ini lumayan banyak yang mengadakan. Buat kalian yang ingin mengikuti lomba tersebut, coba bisa mencari-cari informasi nya di Instagram dengan Keyword Lomba Menulis Cerpen ataupun melalui pencarian Google.

Masing-masing perlombaan memiliki ketentuan yang berbeda beda, jadi kamu harus benar-benar memahami terhadap ketentuan tersebut. Eitss buat kamu yang gak punya modal tapi punya kemauang. Kamu bisa cari juga lomba yang free alias gratis loh dan kalo menang kamu bisa membawa pulang hadiah yang banyak.

Biasanya lomba yang gratis banyak memberikan persyaratan di luar kepenulisan contohnya Follow semua akun sosmed penyelengara, bagikan postingan/banner lomba dan lain lain. Tapi tenang aja itu semua mudah ko dan menguntungkan bagi kita. Menguntungkannya adalah disaat mereka menyelenggarakan lagi lomba kita bisa dengan mudah mengetahui berita update nya.

Dengan banyaknya peluang lomba menulis cerpen maka rasanya penting saya salimg berbagai ilmu atau pengalaman terkait kepenulis. 

Baiklah berikut Tips Menulia Cerpen yang Baik untuk Diikutkan Lomba.

1. Pahami Ketentuan Lomba

Gambar 1 Pahami Ketentuan Lomba
Gambar 1 Pahami Ketentuan Lomba

Setiap lomba menulis cerpen memiliki ketentuan yang berbeda. Contohnya, ada yang terdiri dari satu tahap perlombaan ada juga yang terdiri dari dua tahap. Dengan sistem tersebut kita sudah diseleksi layaknya penyisihan. Maka untuk mengikuti tahap satu kita harus mampu memberikan gambaran cerpen kita kepada para pembaca dan membuat menarik dewan juri. Sehingga bila Cerpen kita menarik maka peluang diloloskan ke tahap selanjutnya sangat tinggi.

2. Kuasai Tema Lomba

Gambar 2 Kuasai Tema Lomba
Gambar 2 Kuasai Tema Lomba

Seperti yang pernah saya alami kala itu lomba menulis cerpen memiliki tema seputar keluarga. Maka kita sebagai peserta lomba harus mampu mengontrol alur cerita yang kita buat sehingga bertemakan keluarga. Jangan sampai kita keluar dari tema. Karena sebagus apapun karya kita bila tidak sesuai dengan tema yang ditentukan panitia akan membuat penilaian menjadi rendah atau bahkan tidak dinilai. Saran saya kuasailah Tema dan perbanyak kosakata terkait tema tersebut.

3. Catat Deadline Lomba

Gambar 3 Catat Deadline Lomba
Gambar 3 Catat Deadline Lomba

Nah ini nih yang paling sering kita sering lakukan (termasuk admin). Untuk mencapai kesuksesan di perlombaan tersebut, kita harus melakukan persiapan dengan matang. Pencatatan terhadap deadline perlombaan sangat perlu. Hal ini juga menentukan sejauh mana kita siap mengikuti lomba tersebut. Selain itu, dengan mengetahui deadline tersebut kita bisa mematangkan isi dan kejelasan paragraf dari setiap cerpen yang kita buat.

4. Hindari Rasa Malas

Gambar 4 Hindari Rasa Malas
Gambar 4 Hindari Rasa Malas

Penyakit yang memang selalu muncul adalah malas. Kenapa saya sebut penyakit, karena hampir setiap proses jika sudah dirasuki oleh malas maka proses tersebut akan hancur. Layaknya menulia cerpen. Jika kita terhenti oleh rasa malas, maka kita akan melupakan deadline yang akhirnya berimbas kepada ketidaksiapan kita dalam mengikuti lomba.

5. Pastikan Suasana HatiMu Bahagia

Gambar 5 Suasana Hati yang Bahagia
Gambar 5 Suasana Hati yang Bahagia

Mengapa demikian, jika kamu sedang sedih atau memiliki pikiran yang kalang kabut kemungkinan kamu menulis sangat kecil. Namun kamu juga bisa menghasilkan karya yang baik walaupun kamu sedang dalam keadaan tertekan. Alangkah baiknya bila saat menulis keadaan hati kita sedang bahagia, tenang dan senang.

Sudah sampai di akhir artikel yang saya buat malam ini. Setiap orang memiliki pengalaman dan jalan hidup yang berbeda. Namun tips diatas adalah langkah atau kiat-kiat yang sayang lakukan dalam setiap mengikuti perlombaan. Sahabat di rumah bisa mencobanya dan menerapkan jika pada saat akan mengikuti Lomba Menulis Cerpen.

Dalam menulis usahakan raga kita, jiwa kita hadir dalam tulisan tersebut agar mampu memberikan suasana yang baik dalam menulis. Menulis bukan hanya sekedar corat-coret, tapi menulis adalah seni dan gaya hidup. Jangan terlalu berharap banyak dari seorang penulis. Tapi dunia sudah banyak memberikan bukti, bahwa penulis yang behasil dan hebat karyanya akan selalu dikenang dan bahkan bisa menjadi orang kaya.

Tetaplah bersemangat dalam berkarya untuk negeri kita tercinta ini. Jangan terlalu banyak berharap tentang apa yang kita dapatkan dari negeri ini tapi kitalah yang harus mampu memberi untuk negeri kita tercinta ini seperti kutipan berikut

Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu! - John F. Kennedy

Dengan berakhirnya artikel ini, saya sampaikan mohon maaf jika ada salah kata dalam kepenulisan. Tak lupa saya sampaikan, jangan lupa untuk membagikan artikel yang berjudul Tips Menulis Cerpen yang Baik untuk Diikutkan Lomba kepada teman kamu. Berbagai itu indah dan gratis jadi tunggu apalagi. Manfaatkan jarimu dalam mengejar kebaikan. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

-------------

Daftar Gambar

Gambar 1 Pahami Ketentuan Lomba
Gambar 2 Kuasai Tema
Gambar 3 Catat Deadline Domba
Gambar 4 Hindari Rasa Malas
Gambar 5 Pastikan Suasana HatiMu Bahagia

Daftar Referensi

https://id.wikiquote.org/wiki/John_F._Kennedy


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Menulis Cerpen yang Baik untuk Diikutkan Lomba"

  1. Semoga Bermanfaat bagi yang lainnya, Tetap Semangat Bro

    ReplyDelete
  2. Pastikan perasaan bahagia (ini bener banget sih)

    Mood kita bisa keliatan di tulisan soalnya �� tambahan, buat latihan bisa banget tuh nulis di wattpad mana tau ada penerbit yang tertarik hehe

    ReplyDelete

Tetaplah Berkomentar dengan Baik.