Tutorial membuat toko online di Blogger/Blogspot


Tutorial membuat toko online di Blogger/Blogspot
Tutorial membuat toko online di Blogger/Blogspot
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Ditulis Oleh: R Ayi Hendrawan S

Tutorial membuat toko online di Blogger/Blogspot

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tutorial mengenai cara membuat took online sendiri. Saya yakin para pembaca pasti sudah tau apa itu toko online. Sebagai contoh toko online yang sudah popular di Indonesia seperti Shope, Bukalapak Tokopedia dan lain lain. Mereka adalah contoh toko online terbesar atau bias disebut dengan marketplace.


Memiliki sebuah situs besar seperti mereka dan mampu memberikan keuntungan bagi kita sang pengelola menjadi sebuah kebanggan bukan? Apalagi kita juga bias ikut terkenal. Banyak persyaratan yang harus kita penuhi dan mengeluarkan banyak biaya juga. Saya disini terfokus kepada pengeluaran biaya hosting.

QnA:

1. Seberapa Penting Toko Online di era sekarang ini?

Mungkin sahabat para pembaca sudah memiliki banyak pelanggan dalam mengelola usaha jual belinya. Namun disini mari kita soroti, berjualan melalui media social terbilang cukup mudah. Tetapi disisi lain kita juga perlu mengupgrade bisnis kita agar kita tidak terlalu ketinggalan oleh competitor lain.

2. Apa Saja Keuntungan Membuat Toko Online di Blogger?

Blogger adalah platform blogging gratis yang dikelola oleh pihak google. Blogger memiliki banyak fitur yang dapat kita kembangkan dan lebih mudah pengelolaannya untuk kita yang masih pemula. Berikut keuntungan yang kita dapat jika membuat Toko Online di Blogger:
1.      Tidak memerlukan biaya hosting.
2.      Optimasi mudah
3.      Banyak desainer tema yang membagikan temanya secara gratis.
4.      Dan yang pasti mudah murah.

3. Apakah Bisa Menggunakan TLD?

Sangat bisa dan sangat dianjurkan. TLD atau Top Level Domain memiliki beberapa peran penting seperti memudahkan alamat toko online kita untuk di hafal oleh penginjung setia kita. Semua jenis TLD bisa di pasangkan ke blogger seperti .com .net .org ataupun .ID.

Pertanyaan yang akan muncul mungkin seperti pertanyan diatas, nah saat ini mari kita lanjutkan ke sesi selanjutnya mengenai pembahasan Tutorial Membuat Toko Online di Blogger/Blogspot

1.     Buat sahabat serambicatatan yang ingin membuat toko online di blogger, sobat harus sudah memiliki akun blogger jika belum silahkan daftar disini.
2.      Jika sudah silahkan sobat membuat blog terlebih dahulu, tentukan nama dan alamat toko online sobat,
3.      Selanjutnya, sobat perlu mencari tamplate toko online yang cocok, banyak kriteria ya ada yang responsive, ada yang full fitur, ada yang free alias gratis bahkan ada yang premium. Tamplate toko online premium sangat cocok bagi sobat yang memiliki modal lebih.
4.      Selanjutnya, sobat hanya perlu melakukan optimasi pada tamplate tersebut.
5.      Agan diperbolehkan mengupload produk sebanyak mungkin tanpa harus takut memikirkan kapasitas hosting.
6.      Dan terakhir agan hanya perlu mempromosikan Toko Online Sobat ke para pelanggan setia sobat.

Bagaimana Tutorial Membuat Toko Online di Blogger/Blogspot jelas atau masih ada yang bingung? Sebenernya proses pembuatan toko online di blogger sama aja seperti kita membuat blog umum di blogger yang membedakan hanyalah template nya aja dan pengkodean saat akan menulis entri baru.
Buat kamu yang masih bingung dalam pembuatannya, jangan khawatir karena disini saya juga akan memberikan jasa dalam pembuatannya. Eits sebelum melangkah lebih jauh silahkan liat terlebih dahulu demo dari toko online saya.

PerluBelanja Responsif Design

PerluBelanja
Nah bagaimana? Jika kamu ingin membuat toko online seperti PerluBelanja. Kami akan menawarkan beberapa pilihan paket yang bisa kalian pilih.
Paket
Basic
Premium
Host
Blogger
Blogger
Tampate VioToko
v
v
Responsive
v
v
Page Privacy Policy
v
v
Page Kontak
v
v
Free Jasa Upload Produk
7 Hari
28 Hari
Domain .COM
-
v
Biaya (Rp)
200.000
350.000

Pemesanan premium lebih mahal karena diperlukan biaya tambahan untuk registrasi domain dan penyetingannya. Paket Premium ini juga dikenakan biaya per tahun sebesar Rp 150.000, biaya ini diperuntukkan untuk memperpanjang masa aktif domain. Domain yang saya gunakan terdaftar melalui Situs Domain Terpercaya yaitu Domainesia. Dan pasti legal sehingga aman untuk kita gunakan sepanjang masa.

Sekedar saran jika ingin membangun sebuah toko online yang lebih profesional maka lebih baik memilih paket premium. Lagipula biaya Rp 350.000 terbilang kecil jika dibandingkang dengan keuntunganyang akan kita dapatkan nantinya setelah emiliki toko online.

Masih terbilang murah jika kita bandingkan dengan toko online yang harus memiliki self host. Jika kita menggunakan hosting sendiri selain biaya domain kita juga harus mengeluarkan biaya untuk pembelian hosting yang biasanya pembelian pertahun.

Jadi bagaimana tertarik? Ayok tunggu apalagi segera upgrade bisnis anda ke 4.0 dengan manfaatkan era digital ini. Jika kalian berminat dengan jasa saya segera kontak kami atau hubungi via WhatsApp (Fast Respon).

Tidak terasa kita sudah sampai diakhir artikel. Berakhirlah kita di artikel mengenai Tutorial Membuat Toko Online di Blogger/Blogspot, semoga apa yang sudah disampaikan diatas bisa diambil positifnya dan dapat bermanfaat bagi kite semua. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tutorial membuat toko online di Blogger/Blogspot"

  1. Terutama Milenial kita harus didorong dalam bisnis 4.0, karena mereka terlalu fokus "It's Me" dengan gadgetnya.

    Nice Info, Thanks.
    Salam Brother!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mas, itu memang tujuan saya disini sama sama membangun negeri dengan memanfaatkan peluang ini.

      Delete

Tetaplah Berkomentar dengan Baik.