-->

Review Novel This Is Why I Need You Karya Brian Khrisna

Di tengah munculnya penulis-penulis muda berbakat, ada satu nama yang berhasil mencuri perhatian pembaca. Brian Khrisna, mojang Bandung satu ini lebih dulu dikenal melalui tulisannya yang dipublish melalui media sosial dan akun tumblrnya. Setelah sukses dengan karyanya yang berjudul Merayakan Kehilangan (2016), dan The Book Of Almost (2018). Mbeeerr, begitu sapaan akrabnya menyapa kembali pembaca setianya melalui novel terbarunya berjudul This Is Why I Need You.




Ada yang sudah membaca novel seberat 550gr ini? Jika belum simak ulasan detail tentang novel ini.

Tentang Buku This Is Why I Need You

Judul buku : This Is Why I Need You

No ISBN : 9769797945770

Penulis : Brian Khrisna

Penerbit : Media Kita

Terbit : Januari-2019

Halaman : 604

Jenis Cover : Soft Cover

Kategori : Fiksi

Untuk sebuah novel, This Is Why I Need You termasuk kategori novel dengan harga yang wow. Bagaimana tidak, novel setebal 604 halaman ini dihargai sebesar Rp 126.500. Awalnya mungkin kita akan berpikir dua kali jika harus mengeluarkan uang yang hampir setara dengan harga novel karya Pramudya Ananta ataupun sekelas Dee Lestari. Terlebih jika kita baru mendengar nama Brian Khrisna.

Don't judge a book by its cover, itulah kalimat pertama yang harus aku sampaikan. Kenapa? Pokoknya kalian harus baca sampai selesai novel ini baru boleh berkomentar.



Review Buku This Is Why I Need You

This Is Why I Need You adalah novel yang mengambil cerita kehidupan sehari-hari. Tak melulu tentang percintaan, Mbeeerr berhasil memasukkan humor ke dalam cerita sehingga kita tak akan bosan membaca novel setebal bantal itu. Setting novel berada di kota Bandung sedang tokoh utama dalam novel bernama Rian Prianda Putra. Dikisahkan Rian adalah seorang mahasiswa yang aktif dalam satu organisasi masjid di kampusnya. Meski demikian siapa sangka di luar sana Rian memiliki profesi yang amat sangat dirahasiakannya karena bertolak belakang dengan kegiatan religinya di kampus. Rian sendiri merupakan sosok yang jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya kecuali dengan anak-anak penghuni kost putri tempatnya tinggal.Hah kost putri?

Ya selain bartender, Rian mengemban tugas sebagai induk semang yang bertanggung jawab terhadap semua penghuni kost. Meski dikenal introvert, profesinya sebagai bartender di sebuah klub malam mengharuskannya bertemu banyak orang dengan cerita yang beragam. Mulai dari peminum kelas teri, kelas kakap, kupu-kupu malam, bahkan pemakai narkoba. Rian mulai akrab dengan dunia malam dengan segala kerumitannya, sampai suatu ketika pertemuannya dengan salah satu gadis yang sedang mabuk berat di klub tempatnya bekerja menjadi awal terungkapnya tabir masa lalu Rian yang membuatnya bertingkah seperti sekarang.

Gadis itu bernama Lifana Ladiana atau Mbak Adele seorang mahasiswi kedokteran yang memiliki image negatif, mulai kehidupan percintaannya yang rumit, sampai rumor tentang ayam kampus melekat padanya. Hampir tiap malam Mbak Adele menghabiskan waktu mabuk-mabukan di klub tempat Rian bekerja. Siapa sangka malam itu menjadi awal kisah rumit Rian bersama Mbak Adele. Terlebih semenjak Mbak Adele memutuskan untuk kost di tempat Rian tinggal dengan dalih mencari perlindungan dari pacarnya yang suka main pukul.

Sebagai satu-satunya pria yang menjadi penghuni kost putri, Rian ini menjadi sosok idaman. Badannya yang atletis dan kemampuannya mengatasi segala hal membuat semua penghuni kost nyaman dengan keberadaan Rian. Bahkan saking nyamannya mayoritas penghuni kost dengan santai dan tak ada sungkan-sungkannya bertingkah biasa. Jadi jangan heran jika pemandangan gadis-gadis memakai tanktop, celana hot pants, bahkan hanya berlilit sebuah handuk adalah hal yang biasa bagi Rian.

Semenjak kedatangan Mbak Adele, Rian merasa hidupnya terganggu. Bagaimana bisa seorang Rian yang selalu menutup diri pada lingkungan sekitarnya tiba-tiba peduli dengan gadis itu. Awalnya Rian hanya ingin menolong Mbak Adele dari pacarnya yang tukang pukul. Tapi apalah daya Mbak Adele selalu merengek untuk bisa dekat dengan Rian, alih-alih mendapat respon sekuat tenaga Rian berusaha untuk menghindari Mbak Adele.

Rian yang awalnya menolak tentang sikap dan perlakuan Mbak Adele padanya lama-lama merasa iba karena mendengar berbagai rumor tentang mahasiswi kedokteran ini. Dengan maksud membantu mengembalikan nama baik Mbak Adele, perlakuan Rian yang berubah drastis membuat Mbak Adele semakin tak bisa lepas dari Rian. Hingga puncaknya konflik terjadi saat Rian mengajak Mbak Adele pulang ke kampung halamannya setelah hampir bertahun-tahun Rian kabur dari rumah. Tentu ini membuat murka orang tua Rian. Lantas apakah cerita berakhir sampai di sini? Tentu jawabannya belum.

Membaca bab demi bab kita akan dibuat penasaran dengan ending cerita. Tak khayal kita jadi ikut berimajinasi karena terlalu larut dalam cerita. Mbeeerr, membuat konflik yang disajikan dalam novel This Is Why I Need You mengaduk emosi pembaca. Di bab-bab terakhir kita akan mendapatkan jawaban atas rasa penasaran kita dari awal sampai akhir cerita. Mulai dari jawaban kenapa Rian bisa terdampar menjadi induk semang di kost putri sampai alasan Rian bertahun-tahun meninggalkan rumah.

Di akhir cerita kita akan menemukan plot twist yang mungkin tak pernah terpikir oleh pembaca. Novel ini unik, meski bergenre fiksi romance alih-alih menyuguhkan adegan demi adegan yang romantis. Kita malah akan dibuat terbahak-bahak karena selipan-selipan humor pada dialog, serta adegan-adegan yang kelewat fulgar. Apalagi novel ini memakai sudut pandang orang pertama yang lebih membuat dekat dengan pembacanya.




Well, novel ini sangat recommended. Ada banyak insight dari novel This Is Why I Need You karya Brian Khrisna ini. Seperti kalimat di atas, don't judge a book by its cover itulah pesan moral yang bisa dipetik dari kisah Rian dan Mbak Adele. Gaya penulisan yang dipakai juga tak melulu puitis namun juga humoris. Karena bagi si penulis sendiri membuat wanita tertawa adalah titik tertinggi dari keromantisan itu sendiri. So, selamat membaca….

0 Response to "Review Novel This Is Why I Need You Karya Brian Khrisna"

Post a comment

Tetaplah Berkomentar dengan Baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel