-->

'POLEMIK' Mengubah Foto Secara Digital Vector Art atau Lukisan? Oleh Rita Elly Syamsiah

“POLEMIK” MENGUBAH FOTO SECARA DIGITAL VECTOR ART ATAU LUKISAN?

(Tanggapan Terhadap Tulisan Anggi Pratiwi Agusta)

Oleh : Rita Elly Syamsiah

“POLEMIK” MENGUBAH FOTO SECARA DIGITAL VECTOR ART ATAU LUKISAN? - serambicatatan.com
Gambar Ilustrasi


Di era modern saat ini, manusia telah menciptakan dan memanfaatkan teknologi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu dari pemanfaatan teknologi adalah dengan menjadi seorang desainer grafis, maka sangat dibutuhkan adanya pemahaman mengenai desain grafis untuk mengetahi atau memahami pola berfikir dan tujuan pada ilmu Desain Grafis itu sendiri.

Saat ini pada perkembangannya desain grafis telah dipercayai untuk sebuah karya seni rupa teknologi dimana desain grafis ini mempunyai dampak komprehensif untuk masyarakat. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena dengan adanya desai grafis maka dapat menginformasikan produk yang baru kepada audience, maka desain grafis mempunyai daya tarik tersendiri kepada customer agar membeli atau menggunakan barang atau jasa yang telah ditawarkan. Dia pun cerdas dalam menarik perhatian masyarakat untuk berfikir akan suatu hal yang dimana hal tersebut tidak akan terpikirkan. Maka saat kita telah mengenal dan mempelajari desain grafis akan terjadi seolah olah sebagai pembawa kabar bahagia kepada beberapa masyarakat dalam bentuk komunikasii visual segala bidang kehidupan manusia baik untuk target komersial atau pun tujuan sosial.

Lalu apa itu desain grafis ?

Desain Grafis memiliki pengertian yaitu suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Pada desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis pun dapat diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Untuk seni desain grafis lingkupannya mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Pada batasan media desain grafis awalnya hanya diterapkan untuk media-media statis, contohnya buku, majalah atau brosur. Tetapi sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang dapat kita sering dengar sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

https://dessyresmalia.wordpress.com/2017/03/19/artikel-design-grafis/

Salah satu jenis desain grafis yang sedang trend saat ini adalah Vector Art, yaitu cabang seni desain grafis yang merubah sebuah foto menjadi gambar seperti kartun, dengan memanfaatkan berbagai tools yang ada di Corel Draw, Photoshop, Adobe Ilustrator, atau software lainnya, dengan memperhatikan berbagai detail dan gradasi warna.

Apa itu Vector Art ?

Vector merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Kualitas gambarnya tetap baik meskipun diperbesar, karena gambar jenis vector ini bukan terdiri dari titik. Adapun aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar jenis vector ini adalah: Corel-Draw, Freehand, dan Adobe illustrator. Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya.

Vector adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk garis, kurva dan baigan-bagian lain yang saling berhubungan antara satu sama lain (di dalam sebuah gambar). Untuk ukuran/size-nya pun juga relatif kecil, dengan kualitas gambar yang tetap baik meskipun di perbesar. Contoh file vector diantaranya adalah: (wmf, swf, cdr dan ai). Vector juga sering dipakai dalam pembuatan logo, animasi, ilustrasi, dsb.

http://blogger-bodo.blogspot.com/2016/10/pengertian-vector-art-dan-vexel-art_19.html

Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa cara mengubah foto menggunakan media digital disebut dengan desain grafis yaitu Vector Art, bukan lukisan. Karena definisi lukisan adalah sebagai berikut.

Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding. Ini dilakukan oleh seorang pelukis; dengan kedalaman warna dan cita rasa pelukis, definisi ini digunakan terutama jika ia merupakan pencipta suatu karya lukisan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Lukisan

Bagaimana, apakah sudah sudah mengetahui perbedaan antara Vector Art dan Lukisan ? Sangat menarik memang, pembahasan mengenai seni dari waktu ke waktu selalu mengalami inovasi karena semakin banyak nya orang kretaif yang menciptakan hal-hal baru di dunia seni.

Dapat disimpulkan bahwa, segala jenis dan bentuk seni memiliki nama yang berbeda-beda. Karena teknik, media, serta alat yang digunakan berbeda meskipun objek yang digambar sama. Maka dari itu, ada sedikit koreksi dari saya untuk Anggi Pratiwi Agusta sebagai penulis artikel tersebut, bahwa mengubah foto menggunakan media digital Corel Draw bukanlah menjadi sebuah Lukisan, melainkan Vector Art atau bisa disebut Ilustrasi.

Semoga tanggapan terhadap artikel “Ini Cara Mengubah Foto Menjadi Lukisan”, dapat menambah wawasan dan referensi bagi penulis dan pembaca tentang dunia seni, khsusnya desain grafis.

Disclaimer:
Teks polemik ini merupakan tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Kaifiyat Mujadalah yang ditulis oleh Rita Elly Syamsiah dengan nomor induk mahasiswa 1184010161.

2 Responses to "'POLEMIK' Mengubah Foto Secara Digital Vector Art atau Lukisan? Oleh Rita Elly Syamsiah"

Tetaplah Berkomentar dengan Baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel